Ska…Ska…Ska.. The Beat On My Blood

Tiba-tiba kepikiran buat nulis tentang genre musik yang paling saya suka sedunia, Ska. Judulnya lebay bener ya, hehehe. Tapi saya akui musik yang satu ini gak bisa lepas dari kehidupan saya, mulai dari genre early reggae sampe genre 3rd wave-nya. Musik ini adalah akar dari jenis musik seperti reggae dan rocksteady (menurut wikipedia.com). 3 genre musik ini sekilas hampir mirip, yang membedakan dari ketiga musik ini adalah tempo-nya. Ska temponya kencang, Rocksteady sedang dan Reggae mempunyai beat yang lebih lambat.

Penjelasan lebih detailnya bisa lihat dari video penjelasannya om Bob berikut :
http://www.youtube.com/watch?v=nNuyeTd5EAQ

Untuk sejarahnya gak perlulah saya jabarin lagi disini karena sudah lumayan banyak yang menjelaskannya, salah satunya bisa lihat di web ini. Berakar dari ska musik ini banyak sekali perkembangannya, ada yang bertahan dengan sound aslinya sampai ada yang mengawinkannya dengan berbagai jenis musik lainnya seperti Less Than Jake yang mengawinkannya dengan punk, The Mighty Mighty Bosstones dan Voodoo Glow Skull yang mengawinkannya dengan Hardcore, dan masih banyak perkawinan silang genre musik satu ini. Dengan banyaknya perkawinan ini maka banyak pulalah lahir genre musik-musik baru seperti Ska Punk, Ska Core, Ska Jazz dan semacemnya. Kalo saya pribadi sih semua genre ska mulai dari tradisional ska sampai perkawinannya dengan R&B (atau yang biasa disebut dub).

Kalo untuk saya pribadi juara-juara di jalur ini adalah :

1. The Skatalites

Nah ini dia mbahnya ska, engkong-engkong ini sangat piawai membawakan nada-nada dari jamaika ini, lagu yang saya suka dari band ini salah duanya adalah Guns of Navarones yang banyak dicover oleh band-band dibawah generasi mereka dan Latin Goes Ska, entah kenapa kalo denger lagu ini jadi happy ajah nuansa hati. Untuk selengkapnya tentang mereka bisa baca disini.

2. The Specials

Band Inggris yang satu ini sungguh memikat hati saya, bermula perkenalan melalui lagu A Message To You Rudy lagu yang wajib diketahui sama orang-orang yang menyukai genre satu ini. Semakin jatuh cinta setelah mendengar lagu-lagu riang nan enerjik yang bisa membuat bergoyang-goyang seperti Monkey Man dan Running Away. Selengkapnya tentang mereka bisa dibaca disini.

3. Reel Big Fish

Band Ska Punk dari amerika ini saya kenal ketika masa-masa SMA. Kenal Band ini melalui lagu Take On Me yang merupakan lagu cover dari band A-Ha dan merupakan lagu untuk soundtrack film BASEketball. Sangat menyukai lagu-lagu mereka yang terkesan semangat dan ceria. Selengkapnya mengenai mereka bisa lihat disini.

4. The Artificials

Dikenal juga dengan nama Artificial Life, sebuah band ska Indonesia yang menurut saya masih menjadi yang terbaik dari band-band yang mempunyai genre ska. Pertama kali melihat penampilan mereka sewaktu mereka manggung di GOR Padjajaran Bogor. Bergoyang dan berskankin ria diiringi lagu mereka duh senangnya. Gak pake lama langsung beli albumnya yang mempunyai nama sama dengan nama band mereka saat itu Artificial Life. Dan gak ada satu pun yang saya gak suka dari lagu-lagu yang ada didalamnya, saya suka, dan sampe sekarang kalo lagu mereka berdendang saya masih hapal menyanyikannya.

Itulah band-band yang menjadi juara menurut saya untuk genre ini. Walau masih banyak lagi band-band yang saya suka, kayak Madness, The Selecter, The Mighty Mighty Bosstones, Save Ferris, Monkey Boots, Apollo 10, Shaggy dog, Kemuri dan masih banyak lagi. Lagu dari Save Ferris bertajuk Come On Eillen-lah yang sebenarnya mengenalkan saya dengan genre ini ketika saya masih duduk di bangku SD atau SMP saya sedikit lupa. Dari lagu inilah saya mulai mencari tahu band-band yang juga membawakan genre yang sama. Sempet bingung dikarenakan begitu banyak varian yang ditawarkan oleh genre ini, seperti yang sudah saya jabarkan diawal. Yah pada akhirnya yang saya sering dengarkan adalah lagu-lagu yang masuk ke kuping saya.

Cheers, Helmi.