Learn to be a ‘strategic’ person

Hmmm… akhir-akhir ini sering berpikir dan mencari sumber informasi sana sini untuk menjadi seorang yang ‘strategic‘ untuk menjalani usaha yang sedang dirintis. Karena masih awam tentang masalah ke-strategic-an ini saya akhirnya membedahnya secara kata, sebagaimana saya memahami dan membelajari esensi dari desain komunikasi visual dengan cara membedah tiap-tiap katanya. Strategic, secara kasat mata sih terlihat kalo kata ini mempunyai makna dasar strategi. Dan dengan kesok-tahu-an, saya akhirnya menghubungkan ini dengan bussiness plan secara global. Ya Rencana Bisnis, apa yang akan dituju, bagaimana proses pelaksanaan, sampai ke target yang harus dihasilkan sebuah perusahaan dalam menjalani bisnisnya. Usaha yang saya jalani sih sebenernya secara sadar dan tidak sadar sudah menyerempet masalah ini. Dengan setiap bulannya mengevaluasi cara kerja kami, sudah efektif atau belum dan selalu mendiskusikan sistem apa yang mau dipakai agar proses dan tujuan bisa mempunyai sinergi satu sama lain dengan efektif. Tapi yaitu tadi, dengan tidak terlalu mengindahkan sisi strategic-nya yang ada semuanya babak belur dengan sistem yang bias dan tidak rapi secara sistem maupun struktural.

Dan……… semakin keritinglah otak saya untuk mengetahui lebih lanjut apa-apa saja yang berhubungan dengan Bussiness Plan itu. Mulai dari pembenahan secara sistem internal hingga sistem yang menyangkut pada pihak luar, baik itu klien maupun outsourcing kami. Setelah bertukar pikiran dengan kawan seperjuangan, malah terpikir hal pertama yang saya mau jalankan malah nggak terlalu berhubungan dengan apa yang saya bahas diatas, yaitu mencari dimana letak permasalahannya. Kalo gak tau dimana masalahnya gimana mau cari solusinya bukan?. Dimulai dari melakukan hal yang paling mendasar dalam perombakan ini, hingga perlahan bisa memperbaiki kesalahan dan menutup lubang-lubang yang menjadi sumber masalahnya sampai terbentuk sistem yang ideal.

Alon-alon asal kelakon kalo orang Jawa bilang, Pelan tapi pasti kalo kata lagunya White Shoes and the Couples Company (yang udah berkurang satu couple dalam bandnya.. hehehe). Yakin ajalah bisa, banyakin doa, minta tolong sama Tuhan, minta Support-Nya. Insya Allah dibantuin, kan tujuannya baek.Bantuin ya Allah, bantuin hamba-Mu ini yang lemah yang banyak kekurangan disana sini, yang masih sering lupa bwat nyetor muka ke hadapan-Mu karena cuma Engkau yang bisa membuat segalanya terjadi, Kun Fayakun.

helmi