global warming character series on shirt

pemanasan global.. satu isu yang cukup booming belakangan ini saking booming-nya sampe ada salah pengkaprahan tentang isu satu ini. ada satu tulisan di salah satu mal ternama saya lihat malah mencatumkan kalimat “go global warming“… what? hahahaha saya tertawa melihatnya. saking ngepopnya satu isu ini banyak pihak yang mendompleng isu ini. termasuk saya mungkin :”>.

isu ini saya angkat dalam tugas akhir pendidikan saya di satu kampus seni rupa di daerah cikini 2 tahun yang lalu, dan salah satu media aplikasi yang saya gunakan adalah t-shirt.

berisi kumpulan tokoh karakter yang merupakan sebab dan akibat pemanasan global.
penyebab yang diangkat adalah :

1. CFC (cholorflorocarbon), banyak dikeluarkan oleh benda seperti kulkas, ac dan cat semprot, dan bentuk yang saya ambil adalah kaleng cat semprot. tokoh ini saya beri nama pushpray sesuai dengan cara penggunaaannya.

2 sampah, penumpukan sampah berlama-lama menghasilkan gas rumah kaca (maap lupa apa jenisnya) yang jika dibiarkan akan menyebabkan jenis gas ini bisa menumpuk di atmosfer. tokoh ini saya beri nama bau bau sesuai dengan aroma yang dihasilkan sampah.

3.penebangan hutan berlebih, Pengurangan jumlah lahan hutan yang disebabkan oleh penebangan hutan secara liar dan illegal logging yang dilakukan oleh pengusaha-pengusaha hutan nakal yang menggarap hutan melebihi ijin yang diberikan oleh negara. nama tokoh karakter illegal logging ini adalah bung trabas mengambil kata trabas yang merupakan istilah untuk sikap membabi buta.

4. CO2 (Karbondioksida), Gas hasil pembakaran bahan bakar fosil yang sangat akrab dengan kehidupan masyarakat Jakarta. Sebenarnya karbondioksida merupakan salah satu GRK (Gas Rumah Kaca) yang terdapat di atmosfer, tetapi karena pada sekarang ini jumlah kendaraan bermotor membludak, pabrik-pabrik banyak didirikan dan hal-hal lainnya yang juga menggunakan bahan bakar fosil, jumlah CO2 di atmosfer menjadi teramat tinggi. Sehingga menurut salah satu komik keluaran WWF mengenai Climate Change saat ini jumlah CO2 di atmosfer merupakan yang paling tinggi selama 420 ribu tahun. tokoh karakter ini saya beri nama COO yang merupakan nama kimia dari karbondioksida.

dan untuk akibat yang diangkat sebagai tokoh karakter adalah :

1. Climate change, Perubahan pola iklim dunia yang tidak lagi stabil, terlihat pada kondisi akhir-akhir ini dimana terjadi banyak anomali cuaca. Sehingga pada musim panas kadang-kadang masih terjadi hujan yang cukup deras, ataupun sebaliknya. mengambil bentuk bumi sebagai tokoh dan diberi nama earld.

2. Pengurangan jumlah hutan secara cepat, Peningkatan suhu berlebih menyebabkan hutan terbakar dengaan sendirinya. Selain karena alam itu sendiri pengurangan hutan secara cepat disebabkan pula oleh perbuatan manusia yang menebangnya secara liar. Dan saat ini menurut informasi yang ada, Indonesia merupakan negara dengan pengurangan lahan hutan tercepat di dunia. nama tokoh karakter ini d’alm black tree yang artinya pohon yang hampir terbakar penuh.

3. meningkatnya suhu udara, Meningkatnya suhu rata-rata global akibal global warming menyebabkan kenaikan suhu bumi dan berpengaruh pada daerah kutub. Hal tersebut mengakibatkan pencairan es kutub dan merubah lingkungan hidup yang ada disana. Dampak tersebut selain pada manusia yang kesulitan mencari bongkahan es padat untuk membuat iglo, juga pada hewan-hewan seperti beruang kutub dan pinguin. tokoh yang mengambil bentuk pengin ini diberi nama sweat pingu, seekor pinguin yang digambarkan selalu berkeringat karena kegerahan.

4. meningkatnya populasi nyamuk, Disebabkan oleh kondisi udara dan cuaca yang tidak stabil dalam siklusnya sehingga mendukung terjadinya perkembang biakan nyamuk, termasuk nyamuk-nyamuk pembawa bibit penyakit yang menyebabkan bertambahnya korban demam berdarah. mengambil tokoh karakter dari manusia yang terkena penyakit demam berdarah. diberi nama debede yang merupakan singkatan dari demam berdarah.

-helmi-